Saturday, June 13, 2015

Masakan Nusantara khas Kota Cirebon

Pernah menyicipi kuliner yang satu ini? Kental dan gurih kuah dari santan Empal Gentong memang begitu menggoda untuk dicicipi. Jika Anda melewati kota Cirebon, mampirlah sebentar ke kedai-kedai yang menyajikan sajian khas kuliner yang satu ini. Empal Gentong merupakan makanan khas daerah Cirebon, Jawa Barat. Mungkin Anda mengenal masakan Indonesia Gulai (Gule), nah Empal Gentong ini hampir mirip dengan gulai, hanya saja Empal Gentong dimasak menggunakan kayu bakar dari pohon mangga dan di masak dalam periuk yang terbuat dari tanah liat. Itulah mengapa dinamakan sebagai Empal Gentong.

empal gentong, resep makanan, masakan nusantara, resep masakan indonesia, masakan, menu masakan, masakan indonesia

Nama Empal Gentong memang sesuai dengan bahan utama racikan hidangan yang berkuah ini, nama menunjukkan bahan utama yaitu menggunakan daging sapi dengan sedikit lemak. Empal Gentong biasanya disajikan bersama nasi atau lontong, lontong khas Cirebon hanya terbuat dari beras yang dimasukkan ke dalam daun pisang dan dibentuk silinder lalu direbus selama 4 jam. Sedangkan Empal Gentongnya sendiri paling singkat dimasak selama lima jam dalam gentong atau kuali dengan bahan bakar khusus. Hal tersebut berfungsi untuk menciptakan rasa dan tingkat keempukan daging yang sempurna.

Dengan memasak menggunakan periuk tanah liat, konon memang sudah dilakukan secara turun temurun, periuk yang sudah dipakai selama bertahun-tahun memberikan sentuhan sendiri terhadap rasa sedap pada kuahnya, tentu saja karena kerak bumbunya yang mengendap dipori-pori tanah liat. Empal Gentong juga biasa disajikan dengan daun kucai dan sambal dari cabai kering yang digiling. Pada saat disajikan api harus tetap membara untuk menjaga suhu makan standar yang menciptakan kelezatan tersendiri, paduan daun kucai sebagai penyedap sekaligus penetralisir lemak serta sambal dan kerupuk rambak (kerupuk kulit kerbau) membuat Empal Gentong memiliki cita rasa yang khas.

No comments:

Post a Comment