Thursday, June 11, 2015

Klappertaart, Easy Recipes Khas Manado dari Belanda menjadi Kuliner Khas Masakan Indonesia

Klappertaart yang menjadi idaman banyak orang atau mungkin Anda ternyata berasal dari Manado, Indonesia. Di Indonesia sendiri sudah banyak toko-toko yang menjual Klappertaart, bahkan empunya kuliner asli asal “Belanda” inipun bisa Anda temukan di sudut-sudut kota.

dessert recipe, resep makanan indonesia, resep klapertart, resep masakan indonesia, resep makanan, aneka resep masakan, kue lebaran, klapertart, klappertaart, easy dessert recipes, easy recipes, easy healthy recipes, easy breakfast recipes

Sejarah kolonialisme Belanda tidak hanya mempengaruhi politik, bahasa dan adat budaya, tetapi juga hingga ke resep makanan. Salah satunya yaitu Klappertaart, namanya diambil dari bahasa Belanda yang memiliki arti Kue Kelapa. Banyak yang mengira bahwa Klappertaart adalah resep kue asli masakan Indonesia, padahal kue ini berasal dari Belanda yang resepnya dibawa oleh para pedagang Belanda sendiri, karena pada masa itu sebarannya hanya hingga Manado jadi Klappertaart haya dikenal oleh masyarakat sekitar kota itu. Alhasil, Klappertaart banyak dijumpai di kota Manado, dan disebutlah sebagai kuliner khas Manado.

Kini, kue yang berbahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur ini bisa dijumpai di sudut-sudut kota besar khususnya Bandung, tidak hanya ada di Manado saja. Klappertaart sendiri bisa dimasak dengan 2 teknik yaitu dipanggang dan dikukus. Bila dipanggang dan menggunakan roti, maka akan menghasilkan Klappertaart dalam bentuk padat, bisa dipotong layaknya kue taart pada umumya. Namun jika dikukus akan menghasilkan tekstur yang begitu lembut, meleleh saat masuk di mulut. Kue ini paling nikmat disantap dalam keadaan dingin jadi tidak boleh terlalu lama berada di suhu ruang.

Jika ingin lebih tahu lebih dalam tentang resep ini dapat berkunjung kesini.

No comments:

Post a Comment