Monday, June 8, 2015

Masakan Indonesia dari Manado yang khas dan terkenal

Makanan khas Manado, Sulawesi Utara mulai fenomenal karena salah satu mantan polisi asal Gorontalo Norman Kamaru kembali tenar dengan profesi barunya sebagai pedagang Bubur Manado. Makanan ini memiliki nama asal Tinutuan, yang merupakan campuran berbagai macam sayuran, tidak mengandung daging dan biasanya disajikan sebagai menu sarapan pagi beserta berbagai pelengkap hidangan lainnya. Tinutuan juga dikatakan sebagai makanan khas Minahasa, Sulawesi Utara dan makanan ini menjadi makanan pergaulan antar kelompok masyarakat di Manado.

masakan indonesia, resep makanan, resep masakan indonesia, masakan nusantara, resep kue, masakan

Kata Tinutuan sendiri konon tidak diketahui asal mulanya, ada yang mengatakan sudah mulai diperdagangkan dari tahun 1970, tapi ada juga yang mengatakan dari tahun 1981. Bahkan, masyarakat Manado tidak mengetahui pasti dari kapan resep masakan ini menjadi makanan khas Sulawesi Utara.

Tinutuan mulai dijadikan moto Kota Manado pada masa kepemimpinan Wali Kota Jimmy Rimba Rogi dengan Wakil Wali Kota nya Abdi Wijaya tahun 2005-2010 dengan menggantikan moto sebelumnya yaitu Berhikmat. Pemkot Manado sendiri telah menetapkan kawasan Wakeke, Kecamatan Wenang, Kota Manado sebagai tempat wisata utama makanan khas Tinutuan pada tahun 2005.

Untuk lebih jelas mengetahui tentang Tinutuan ini dapat berkunjung kesini.

No comments:

Post a Comment