Sunday, September 27, 2015

Nasi Lemak khas Malaysia, Sedangkan Nasi Gurih khas Aceh Saudara Kembar Berbeda Nama

Indonesia itu kaya akan rempah-rempah, tak heran jika kuliner di tanah nusantara banyak ragamnya. Hampir di setiap daerah memiliki makanan khasnya masing-masing, mulai dari menu sarapan, makan siang, makan malam, hingga makanan yang hanya ada pada hari tertentu seperti pada perayaan hari besar Idul Fitri dan sebagainya.

Salah satu kuliner khas Serambi Mekah atau Aceh yang banyak digemari selain Mie Aceh adalah Nasi Gurih. Nasi Gurih mirip dengan nasi uduk yang memakai rempah-rempah dan santan dalam proses pembuatannya, hanya saja Nasi Gurih lebih beraroma khas, makanan sejenis yang mirip dengan Nasi Gurih ini adalah kuliner khas Malaysia dan Singapura yaitu Nasi Lemak. Nasi Gurih tidak hanya popular sebagai menu sarapan khas Aceh, tetapi juga terkenal sebagai menu sarapan khas Medan. Menu ini hampir dapat ditemui di setiap warung makan atau rumah makan penjuru kota Banda Aceh. Jadi, jangan lupa untuk mampir ke kedai makanan saat mengunjungi kota Aceh meski hanya untuk mencicipi nikmat Nasi Gurih.

nasi lemak, resep masakan indonesia, resep masakan, masakan indonesia, aneka resep masakan, masakan, resep kue

Sesuai dengan namanya, Nasi Gurih ini memang gurih. Rasa gurih didapat dari nasi yang dimasak dengan santan yang cukup kental dan parutan kelapa sangrai atau yang biasa disebut serundeng di tanah Jawa. Nasi Gurih khas Aceh ini menggunakan metode pembuatan yang unik yakni melalui dua kali proses pemasakan, kemudian baru ditambahkan santan dan bumbu penyedap. Yang membedakan Nasi Gurih dengan nasi sejenis yakni terletak pada pemilihan santan yang harus benar-benar berasal dari sari patinya, rasa lemak dari santan kelapanya harus benar-benar terasa gurihnya. Tak heran jika Nasi ini disebut dengan Nasi Gurih, karena gurihnya benar-benar berasal dari alam. Pembuatan Nasi Gurih pertama dikukus setengah matang, lalu kemudian nasi diuleni atau diaduk dengan bumbu dan santan. Setelah itu, nasi dikukus kembali hingga benar-benar matang dan siap disajikan.

Tampilan dari Nasi Gurih ini terlihat tidak lembek meski telah ditambahkan santan yang kental dan proses pemasakan hingga 2 kali. Teksturnya tetap berbentuk butiran, dengan keunikan rasa yang sangat empuk dan gurih seperti nasi pulen. Selain karena rempah yang menjadi ciri khas masakan Aceh, Nasi Gurih ini menjadi terasa lebih nikmat karena aroma dedaunan yang dicampurkan saat dimasak bersama nasi. Dedaunan tersebut di antaranya daun salam, pandan, serai dan daun jeruk. Rasa yang begitu nikmat tak terkira, sekali mencoba pasti akan ketagihan.

Hidangan ini juga disebut Bu Gurih yang merupakan bahasa Aceh, hampir di seluruh penjuru Aceh setiap pagi maupun malam selalu saja ada yang menjual Nasi Gurih, kisaran harga pun tidak begitu mahal, hanya berkisar Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Menu lain yang biasa disajikan bersama Bu Gurih ini di antaranya telor dadar, kacang + sambal teri serta aneka ragam makanan lainnya. Semua pilihan lauk tentu saja bisa Anda tentukan sendiri sesuai selera. Selain di Aceh, Nasi Gurih ini ternyata juga bisa ditemukan di daerah Medan, Jakarta, Jogjakarta serta kota-kota lainnya.

No comments:

Post a Comment